Selasa, 04 Desember 2012

CARA MENGINSTAL LINUX DI DALAM WINDOWS

Disini saya akan menjelaskan bagaimana menginstal sistem operasi linux di dalam windows 7, tapi sebelum masuk ke tahap penginstalan kita harus mempersiapkan software yang mendukung pengoperasian yaitu virtual box dan OS linux sendiri. Untuk virtual box anda bisa download di https://www.virtualbox.org dan untuk OS Linux bisa di download di http://www.downloadlinux.org.
                Setelah memiliki kedua software tersebut mungkin anda masih bertanya-tanya apa itu virtual box dan linux. Virtual box adalah wadah dimana SO linux memukinkan bisa diinstal, bukan hanya linux saja yang bisa diinstal di dalam virtual box ini, tetapi berbagai sistem operasi dari yang jadul hingga sistem operasi yang lagi ngtrend saat ini yaitu windows 8. Nah, untuk linux sendiri adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi yang bertipe Unix. Linux disini bersifat open source yaitu bisa dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja.
Nah, sebelum memulai penginstalan pastikan sistem operasi linux tersebut dalam bentuk ekstensi file *.iso atau *.img  karena hanya eksensi yang sejenis ini bisa dibaca oleh virtual box.
                Adapun langkah-langkah untuk menginstal virtual box adalah sebagai berikut ini.

  1. Buka virtual box yang telah anda unduh tadi dan double klik, setelah itu anda akan mendapat gambar di bawah ini, dan klik Next.
  2. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang berbeda dan anda klik kembali Next hingga masuk ke kotak dialog di bawah ini dan klik Yes.
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat dan kemudian anda nanti akan diproses dan jika ada muncul kotak dialog tentang oracle untuk meminta penginstalan klik saja yes hingga selesai.
  4. Setelah selesai penginstalan, virtual box siap digunakan.

SSekarang buka virtual box yang telah diinstal tadi dan kita sekarang masuk ke tahap penginstalan Linux pada virtual box ini. Adapun tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut ini.
  1. 1.       Klik New/baru pada pada menu toolbar virtual box, selanjutnya anda akan diminta memberi nama, disi namanya adalah bebas, setelah itu pilih sistem operasi yang akan diinstal pada bagian bawah nama.
  2. 2.       Setelah selesai, klik next dan jika ada permintaan memory sesuaikan saja dengan yang telah diberikan dan memory bersifat dynamic dipilih.
  3. 3.       Setelah selesai membuat klik finish.
  4. 4.       Setelah itu anda klik file yang dibuat tadi, dan anda klik mulai. Setelah itu maka akan muncul kootak dialog yang baru dan meminta file linuxnya. Klik browse dan pilih software linux yang telah didownload tadi.
  5. 5.       Jika berhasil maka akan dilakukan booting layaknya penginstalan sistem operasi.
  6. 6.       Ikuti panduan yang diberikan dan isikan informasi yang diminta.
  7. 7.       Setelah itu maka OS linux siap digunakan.




Tidak ada komentar: