Kamis, 27 Desember 2012

Membentuk tubuh atletis

Berpikir bahwa wanita maupun pria yang anda lihat yang memiliki tubuh atletis dan serasa sempurna itu adalah bawaan dari pertubuhan anda salah besar. Karena hanya dengan latihan yang rutin dan menjaga pola makan yang seimlahlah mereka bisa mendapatkan tubuh yang demikian. Memiliki tubuh yang atletis dan indah untuk dipandang bisa dibilang susah-susah gampang, karena kita dituntut untuk olahraga dan menjaga pola makan saja. Mungkin anda bertanya kenapa untuk membentuk tubuh atletis dikaitkan dengan pola makan? Jawabnya adalah dengan pola makan yang sehat dengan menghindari lemak yang berlebih, mengkonsumsi karbohidrat berlebihan bisa membuat tubuh yang anda latih tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan bagaimana sebaliknya, apakah dengan menjaga pola makan yang sehat tanpa melakukan latihan bisa mendapatkan tubuh yang atletis? Jawabnya adalah tentu tidak, karena hanya dengan melakukan keduan bagian tersebut, yaitu latihan dan menjaga pola makan yang sehatlah anda bisa mendapatkannya.
         Sebagai motivasi anda untuk melakukan latihan, cobalah untuk mencari model tubuh atletis di google dan simpan gambar tersebut. Misalkan anda memilih gambar Taylor Lautner.

         Dengan memilih gambar yang anda inginkan tersebut anda memiliki target yang dicapai, maksud saya disini adalah bukanlah menjadi seperti orangnya, tapi dengan anda mengamati tubuh dari model yang anda pilih, anda akan mendapat inspirasi dan motivasi untuk latihan dan mendapatkan bentuk tubuh tersebut.
Adapun tips yang paling sederhana untuk mendapatkan tubuh atletis adalah dengan cara menjaga pola makan, dengan cara sebgai berikut.
  1. Menghindari makanan yang mengandung lemak yang tinggi.
  2. Menghindari makan karbohidrat terlalu banyak.
  3. Menghindari makan yang berminyak.
  4. Menghindari makan junk food/ fast food.
  5. Usahakan makan yang memiliki tinggi serat seperti sayuran, buah dll.
  6. Usahakan makan buah apel satu buh sehabis makan.
  7. Makanlah sesering mungkin anda bisa untuk meningkatkan massa tubuh jika diperlukan tetapi dengan porsi sedikit supaya tidak terjadi penumpukan lemak di perut bagi pria dan di pantat bagi wanita.
  8. Jauhi minuman beralkohol.
  9. Jangan merokok, karena berpengaruh disaat anda latihan.
  10. Usahakan makan makanan yang tinggi akan protein.
Dan poin diatas merupakan hanya sebagian dari yang terpenting, bila anda memiliki bugdet yang cukup, anda bisa mengkonsumsi suplemen protein seperti Amino 2000, L-Men, Ultimate Nutrition dan lain-lain. Untuk tips latihan yang saya sarankan adalah sebagai berikut.
  1. Sebelum latihan lakukan warming up/ pemanasan sehingga tubuh siap untuk melakukan kegiatan olahraga.
  2. Konsentrasi untuk latihan, karena kebanyakan orang hanya melakukan latihan tanpa konsentrasi akan menurunkan produktivitas otot anda dan hasil yang anda dapatkan tidak akan maksimal.
  3. Untuk mendapatkan hasil yang maskimal, disarankan untuk mengindari melatih otot dengan posisi yang sama, artinya jika anda ingin melatih trisep jangan melatih bicep karena mengakibatkan tidak masimalnya hasil yang didapat.
  4. Untuk melatih otot dada, jika anda lakukan di rumah, anda bisa melakukannya dengan melakukan push-up 5 set dengan 30 repetisi.
  5. Untuk melatih otot bicep, anda bisa bergelantung dengan posisi tangan mengkadap belakang dan angkat tubuh anda hingga kepala melewati penopang tubuh/jari tangan.
  6. Untuk melatih otot tricep anda bisa lakukan dengan mengangkat barbel sesuai berat yang anda mampu dengan posisi badan aga sedikit tunduk dengan tumpuan lutut sebelah di kursi dan tangan kiri menopang tubuh, sedangkan tangan kanan memegang barbel, setelah itu ayunkan barbel ke belakang dengan lengan atas sejajar dengan lantai, sedangkan pergelangan tangan mengayunkan barbel ke belakang sejauh mungkin.
Berikut model tubuh sebagai referensi anda untuk mendapatkan tubuh atletis.


        Semoga bermamfaat....


Tidak ada komentar: