Selasa, 04 Desember 2012

Mengetes Jaringan Windows dengan Linux

Pada postingan kali ini kita mempelajari bagaimana menguji koneksi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dalam hal ini saya mencoba dengan menggunakan koneksi antara sistem operasi windows 7 dengan ditro linux ubuntu. Adapun yang perlu dipersiapkan untuk melakukan ping adalah sebagai berikut ini.
  1. Telebih dahulu kita menginstal linux ubuntu dengan virtual box, setelah kita berhasil menginstal ubuntunya, selanjutnya kita mengatur IP pada ubutu dengan cara masuk ke system >>Network Connection, setelah itu pilih Auto eth0 pada menu bar Wired setelah itu masukkan ip pada Ipv4 Setting seperti gambar berikut ini setelah itu kklik Apply.
  2.  Kemudian masuk ke windows dan klik icon sinyal yang ada di toolbar dan klik open network and sharing setting.Setelah itu klik change adapter setting yang ada pad sebelah kiri.
  3.              Setelah muncul kotak dialognya, pilih LAN dan Virtual Box dan klik Create Brigde. Kemudian masukkan IP yang kita inginkan pada Ipv4 192.168.1.4 dan subnetnya 255.255.255.0
    4.      Jalankan kembali Virtual box dan pada ubuntunya klik kanan dan pilih setting. Setelah itu buka menu jaringan yang terletak di sebelah kiri layar. Kemudian pada Adapter 1 perhatikan Attached to dan ganti NAT ke Bridge Adapter. Dan pada Promiscious mode pilih Allow all.
    5.      Setelah pengaturan selesai, pilih linux ubuntunya dan klik mulai.
    6.      Setelah tampil linuxnya buka Applications>>Accesories dan klik Terminal.
    7.      Kemudian pada kotak terminal ketikkan ifconfig untuk melihat IP address kita dan setelah itu kita lakukan ping ke windows dengan cara ketik ping 192.168.1.4 dimana IP tersebut adalah IP yang kita atur pada windows sebelumnya.
    8.    Dan untuk melakukan ping dari windows ke linux dengan cara buka command prompt, kemudian ketikkan ipconfig untuk melihat IP kita.


Tidak ada komentar: