Jumat, 01 Februari 2013

Cermat Memilih tempat Bimbel dan Kampus yang terbaik


Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada para pembaca yang masih duduk di bangku sekolah maupun yang telah menjadi mahasiswa. Bimbingan belajar maupun kampus di dunia ini memiliki tujuan yang sama yaitu menyalurkan ilmu kepada siswa maupun mahasiswanya supaya apa yang didapat dari hasil bimbingan belajar maupun dari kampus bisa menghasilkan revenue (pendapatan). Mungkin sekilas terlintas di pikiran anda bukankah seperti ungkapan yang menyatakan bahwa jika emas diletakkan dimana saja maka emas itu akan tetap menjadi emas? Jawabannya untuk ini tentu tidak, karena kita mengatakan hal yang demikian karena kita tidak memikirkan faktor-faktor di sekelilingnya yang bisa merubah wujud dari emas tersebut. Hal ini berlaku bagi para kita yang sedang mencari bimbingan belajar maupun kampus. 
Pada intinya bahwa jika anda ingin menempuh cita-cita anda tentu butuh proses dan bimbingan maupun kuliah di kampus pilihan anda adalah salah satu prosesnya. Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah mungkin masih bingung hingga saat ini bagaimana menempuh cita-cita anda dan pertanyaan yang mungkin adalah jikalau saya harus bimbingan dan kuliah apa saja yang saya harus pertimbangkan?
Jika anda ingin memilih tempat bimbingan saya memiliki beberapa tips sederhana tapi sangat penting, yaitu 

1.Kualitas
Kualitas tempat bimbingan menentukan proses belajar anda nantinya di tempat tersebut, apakah lembaga/instansi memiliki apresiasi yang baik dari para siswa yang bimbingan sebelumnya disana.

2. Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar adalah bagian yang tak kalah penting, pastikan tenaga pengajar di tempat bimbingan tersebut profesional atau terkualifikasi.

3. Persentase Kelulusan
Pada umumnya setiap bimbingan belajar yang profesional menunjukkan persentase kelulusan.

4. Lingkungan
Jika memilih tempat bimbingan, pastikan yang anda pilih nantinya bukan yang memiliki tempat yang ramai dalam kata lain tempat orang-orang nongkrong atau bahkan tempat jajanan, karena biasanya apa yang ada di lingkungan kita, kita selalu tanggap terhadap situasi tapi tidak bisa menjamin kita tetap pada tujuan awal kita.

5. Biaya
Bimbingan belajar saat ini memang tergolong murah, tapi pastikan tidak murahan juga.

6. Fasilitas
Perhatikan pada lembar brosur yang diberikan apa saja fasilitas yang diberikan dan pastikan juga fasilitas yang anda butuh ada tertera disana seperti jumlah siswa di setiap ruangan dan juga fasiltas pendukung lainnya seperti AC dan kursi maupun meja yang nyaman.

Tips diatas merupakan sebagian kecil yang perlu anda pertimbangkan dan untuk memilih kampus yang terbaik untuk anda, anda bisa mempertimbangkan hal berikut ini.
  1. Akreditasi kampus yaitu semakin bagus akreditasi kampus maka semakin bagus peluang nantinya untuk dapat bekerja.
  2. Fasilitas kampus adalah hal yang paling umum diperhatikan oleh setiap calon mahasiswa karena berhubungan dengan proses belajar di kelas nantinya.
  3. Jaringan kampus merupakan hal yang penting juga diperhatikan, semakin banyak jaringan atau perusahaan yang bekerja sama dengan kampus anda maka anda akan memiliki terobosan nantinya untuk bekerja di tempat perusahaan yang bekerja sama dengan kampus anda tersebut.
  4. Pergaulan ala kampus merupakan hal yang terpenting, karena jika dibarengi dengan pergaulan yang tidak baik di kampus maka tujuan anda akan berubag 180 deraja, jadi perhatikan apakah kampus benar-benar menerapkan peraturan-peraturan tersebut.
  5. Organisasi kampus merupakan bagian dari ektra untuk menyalurkan hobi anda nantinya dan anda bisa belajar untuk berorganisasi.
Demikian tips sederhana, semoga bermamfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar: