Jumat, 15 Maret 2013

Membuat Game Tanpa Ngoding


Setelah mengepost artikel tentang game sebelumnya, kali ini saya akan mengepost tentang aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat game tanpa mengerti bahasa pemograman. Jika pada generasi sebelumnya membuat game hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti HCI (Human Computer-Interaction), Sony maupun yang lainnya. Membuat game tanpa mengerti bahasa pemograman bukan berarti tidak menemukan titik kesuulitan dalam pembuatan, karena kita juga yang apling penting dituntut untuk mengerti lokiga ataupun alur dari permainan yang akan kita buat, sehingga apa yang telah kita rencanakan dapat terealisasi dengan baik. Adapun aplikasi yang bisa anda gunakan dalam membuat game adalah sebagai berikut ini.

1.  Stancyl

Stancyl merupakan salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan dalam membuat game. Platorm pembuat game ini termasuk kategori yang flesibel. Selain bisa bekerja di berbagai system operasi seperti Android, IOS dan lainnya, Stancyl juga memukinkan kita untuk mengeksport file ke SWF sehingga mudah dijalankan di Adobe Flash Player  maupun HTML 5. Yang tidak kalah menarik juga, dengan keunggulan tersebut, kita dapat memasarkan aplikasi game dengan mudah. Jika anda berminat anda bisa mengunduh aplikasinya disini dan untuk tutorialnya sendriri disini

2.  Game Maker
Game Maker merupakan aplikasi yang mudah digunakan karena sistemnya hanya drop and drag. Aplikasi ini bisa berjalan di OS Windows Maupun Mac OS. Keunggulan yang paling utama dari game ini adalah memukinkan kita untuk membuat 2D amaupun 3D.
Game Maker dibuat oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi dan saat ini platform tersebut dikembangkan serta dipopulerkan oleh perusahaan software YoYo Games.
Selain sajian fitur yang mudah dengan metode drag & drop, game ini juga mampu dikembangkan lebih lanjut ke dalam game professional jika diinginkan.
Bahasa pemrograman game maker yang dibuat sendiri oleh YoYo Games yang bernama bahasa GML (Game Maker Language) akan memberikan keleluasaan buat para developer game profesional untuk mengembangkan game ciptaannya tanpa batas.
Untuk mengunduk aplikasi anda bisa klik disini dan tutorialnya disini.

3.  Game Salad
Aplikasi yang satu ini pada awalnya diciptakan untuk membuat game pada IOS, tablet dan lainnya setara UNIX, namun sekarang sudah tersedia untuk windows bagi para pengembang game untuk OS Android. Game Salad merupakan aplikasi yang sama dengan kedua aplikasi diatas yaitu sistemnya drag & drop dan yang jadi pengatrannya disini adalah di bagian property yang sudah merupakan istilah umum.
Game salad juga sudah melampirkan template yang bisa anda gunakan, tapi jika anda ingin lebih inovatif lagi, anda bisa membuat atau membelinya. Untuk para penjual accessories game juga bisa menjual produk template mereka di App Store.
Untuk aplikasinya anda bisa unduh disini dan tutorialnya disini.

Dari ketiga aplikasi diatas bisa dikatakan tidaklah membutuhkan koding tetapi kita dituntut untuk lebih bisa berkreasi maupun berimajinasi sehingga game yang kita buat menarik para user nantinya.


Tidak ada komentar: