Sabtu, 12 April 2014

Mamfaat Cloud Computing


     Dewasa ini cloud computing sangatlah populer di dunia teknologi dan informasi.Tidak menutup kemungkinan jika nantinya dimasa depan penggunaan komputasi awan menjadi sesuatu yang dipilih untuk menjalankan bisnis bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan adalah meningkatnya produktivitas perusahaan melalui kolaborasi antar staf dan manajemen sesuai kebutuhan dengan tetap mengedepankan pengendalian biaya IT dan Dewasa ini pemanfaatan cloud computing bagi perusahaan semakin berkembang. Tidak komunikasi perusahaan. Selain itu cloud computing tidak membutuhkan investasi, tetapi penggunaan IT dikompensasi dalam biaya rutin.Jika dilihat dari segi biaya implementasi cloud computing cukup menghemat biaya yang artinya tidak membutuhkan unit pengelolahan khusus serta tidak membutuhkan pembayaran lisensi terhadap server yang digunakan. 
Ditinjau dari penggunaan hardware dan software, cloud computing cukup membutuhkan hardware dan software yang dibutuhkan saja. Dan dengan menggunakan cloud computing ini juga mengakibatkan proses peningkatan kapasitas sistem lebih cepat. Adapun kemampuan lain dari cloud computing yaitu sebagai berikut :
  • Jaringan dan Data Center menyatu.
  • Website menggunakan secured connection https.
  • Kemampuan melakukan Kirim Terima Email yg terintegrasi dengan Sistem Callender
  • Kemampuan sharing PC to PC audio & video
  • Kemampuan Editing Document sharing & Collaboration editing
  • Kemampuan PC to PC File transfer
  • Kemampuan Integrasi dengan MS Office
  • Kemampuan Remote Access over IP
  • Kemampuan melakukan Voice & Video Conference Call
  • Kemampuan melakukan messenger
  • Kemampuan Presence dari pemilik account
  • Kemampuan Share Point & assigment
  • Kemampuan handling informasi bisnis selama 24 jam.
  • Kemampuan mendukung mailbox sebesar 2 GB per account
Klasifikasi cloud computing berdasarkan pelayanan :
  • Saas( Software as a Service) 
Software as a Service adalah perangkat lunak atau program computer yang di persediakan online sebagai layanan atau jasa yang siap di pakai.jadi, SaaS adalah aplikasi web yang di inangi dan di operasikan oleh penyelenggara SaaS untuk digunakan oleh pelanggannya melalui internet. Oleh sebab itu, pengguna tidak perlu beli perangkat lunak yang digunakannya.
Contohnya :  Google docs, Facebook, Aplikasi CRM berbayar.
  • Paas (Platform as a Service)
Platform as a Service Platform as a Service adalah suatu aplikasi yang sifatnya packpage tidak dapat memenuhi kebutuhan proses bisnis kita.Demikian pula dengan SaaS, di mana aplikasi yang di tawarkan sebagai layanan tidak sesuai dengan proses bisnis kita.
Contohnya : Microsoft azure dan Amazon Web services
  • Iaas (Infrastructure as a Service) 
Infrastructure as a Service adalah penyedia layanan hanya menyediakan sumber daya komputasi seperti memori,prosesor dan storage,tapi layanan ini tidak memasang sistem operasi maupun aplikasi di atas.
Contohnya : Amazon EC2, GoGrid dan Rackspace Cloud.

Contoh perusahaan pelayanan jasa yang menggunakan cloud computing
       Pada bahasan kali ini kita memilih perusahaan google sebagai media jasa pelayanan yang menggunakan cloud computing. Adapun jenis layanan yang diberikan oleh google adalah sebagai berikut :
  1. Google drive 
Google drive berfungsi sebagai media layanan penyimpanan data. Setiap pengguna dapat menyimpan berbagai file di awan. Manfaat nya adalah pengguna bisa mengakses file dimana saja tanpa membawa media penyimpanan data secara real time dengan syarat pengguna dapat terhubung dengan internet. Selain itu juga pengguna tidak perlu merasa khawatir dengan data yang tersimpan dicloud karena setiap perusahaan seperti google sudah menjamin keamanan dari setiap data pengguna layananya. Jika dilihat dari segi biaya tentu google drive merupakan salah satu pilihan yang cukup dipertimbangkan karena pengguna gratis layanan ini sudah bisa menikmati kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Penyimpanan yang dimaksud disini merupakan bebas dalam arti apapun file yang kita miliki bisa kita upload di google drive, seperti file pengolah kata, gambar, video maupun suara bisa diupload pada layanan ini.
  1. Google Latitude
Google Latitude adalah sebuah layanan yang dari maps yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi. Dengan layanan ini kita bisa mencari lokasi dari teman kita jika sudah tersedia alamatnya dah bahkan kita bisa memamfaatkan layanan navigator untuk menuntun perjalanan kita. Dengan aplikasi ini juga kita bisa mengontrol lokasi kita seperti berbagi lokasi ke media sosial, menyembunyikan lokasi atau bahkan keluar dari aplikasi layanan latitude. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita juga bisa menghubungi teman atau kerabat kita melalui SMS, pesan instan dan juga telepon.


  1. Google Mailbox
Mailbox disini adalah kotak pesan yang dapat kita mammfaatkan untuk berkirim pesan melalui email ke teman kita, baik yang sesama memiliki akun google maupun akun yang sejenisnya. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan disini adalah sebesar 15 GB.
  1.  Google Youtube
Layanan ini merupakan media sosial untuk berbagi siaran video. Dengan menggunakan layanan ini para pengguna bisa berbagi video dengan semua orang pengguna youtube di dunia maya.
  1. Picasa WEB Albums
Layanan ini merupakan layanan google berbasis gambar, artinya kita bisa mengupload hanya gambar saja untuk jenis layanan ini. Dengan layanan ini foto-foto kita bisa kita bagikan ke teman-teman atau kerabat melalui dunia maya. Selain itu, penggunaan web picasa album bisa dimamfaatkan sebagai server penyimpanan pihak ketiga pada suatu web. Artinya kita bisa mengambil foto yang di picasa untuk ditempelkan pada web kita.

Referensi :
http://www.google.com/intl/id_ALL/mobile/latitude/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Layanan_Google
https://support.google.com/a/answer/1186436?hl=en
12046-if-unsika blogspot.com

Tidak ada komentar: