Rabu, 13 Maret 2013

Game

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan game. Game berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah permainan. Sehingga menurut pendapat saya bahwa game adalah sesuatu yang tujuannya menghibur para pengguna baik baik itu dari kalangan anak-anak hingga dewasa dan yang terpenting dalam sebuah permainan adalah di dalam permainan itu sendiri menghasilkan  pemenang maupun yang kalah. Game dapat dibagi berdasarkan kategorinya yaitu sebagai berikut.

1.   Edukasi(Education) 

Pada permainan ini yang dituntut adalah kemampuan dalam asah kemampuan dalam hal pengetahuan. Sebagai contoh beberapa jenis game edukasi saat ini adalah Maniac Math, Puzzle, Chess maupun teka-teki silang. Sebagai satu gambaran dalam game ini adalah permainan puzzle yaitu kita dituntut untuk menyusun gambar yang acak menjadi gambar yang utuh.

2. Aksi (Action)

Pada permainan ini lebih banyak yang ditawarkan aksi-aksi dari actor dari game tersebut. Sebagai contoh dari game yang termasuk dalam kategori ini adalah Mortal Combat. Game ini bersifat multiplayer yaitu kita bertarung dengan actor yang telah disediakan. Aktor-aktor tersebut memiliki kemampuan yang berbeda-beda. 

3.  Olahraga (Sport)


Pada permainan olahraga di sini adalah sifatnya yang berbau olahraga. Pada game PES misalnya permainan ini cukup diminati banyak orang khususnya dari kalangan laki-laki, bagi yang suka bermain bola maupun menonton bola tentu tidaklah susah dalam memainkannya, pemain dari setiap tim di sana sudah disesuaikan dengan pemain tim sebagaimana aslinya. Bahkan yang lebih menarik lagi setiap tim memiliki skill yang hampir sama dengan skill yang dimiliki pemain aslinya di dunia nyata.

4. Strategi (Strategy)


Pada permainan ini adalah kita unjuk strategi untuk mengalahkan musuh kita, sebagai contoh dari permainan ini adalah permainan catur yaitu kita dituntut untuk mencari strategi supaya kita bisa mengalahkan bidak musuh kita.

5. Petualangan (Adventure)


Pada jenis permainan ini kita disuguhkan beberapa tantangan untuk mendapatkan sesuatu seperti petunjuk untuk mendapatkan harta karung. Game yang termasuk jenis ini adalah Rognarog dimana permainan ini kita berpetualang untuk mendapatkan baik itu item, koin dan lain sebagainya. Pada permainan ini kita terlebih dahulu membuat karakter pemain yang akan kita mainkan mulai dari pakaian hingga penataan rambut dan lain-lain.
Pada dasarnya semua jenis permainan yang ada saat ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menghibur.

Tak kalah pada saat ini permainan dijadikan sebagai lahan bisnis yang cukup menggiurkan melihat para peminat game saat ini cukup banyak, dan yang dijadikan bisnis dalam game ini biasanya item-item untuk melanjutkan permainan seperti koin sehingga kita bisa membeli pemain atau item yang kita inginkan pada permainan tersebut.

Tidak ada komentar: