Pada postingan kali ini saya akan memaparkan bagaimana membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan java.Disini saya menggunakan GUI ( Graphical User Inteface).Baiklah tanpa perlu menjelaskan terlalu panjang lebar, saya akan memberikan codingan yang perlu kita buat untuk membuat kalkulator sederhana ini.Adapun kodingannya adalah sebagai berikut.
package pbo;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
public class kal extends JFrame implements ActionListener{
JLabel label1=new JLabel("NILAI A:");
JLabel label2=new JLabel("NILAI B:");
JLabel label3=new JLabel("HASIL OPERASI ");
JLabel label4=new JLabel();
JTextField n1=new JTextField();
JTextField n2=new JTextField();
JButton tambah=new JButton("+");
JButton kurang=new JButton("-");
JButton kali=new JButton("*");
JButton bagi=new JButton("/");
JPanel panel=new JPanel();
double z;
public kal()
{
setSize(300,300);
setTitle("Kalkulator Sederhana");
setLocationRelativeTo(null);
panel.setLayout(null);
label1.setBounds(10,10,50,20);
label2.setBounds(10,50,50,20);
label3.setBounds(10,130,100,20);
label4.setBounds(10,170,100,50);
n1.setBounds(80,10,100,20);
n2.setBounds(80,50,100,20);
tambah.setBounds(10,80,50,20);
kurang.setBounds(60,80,50,20);
kali.setBounds(110,80,50,20);
bagi.setBounds(160,80,50,20);
tambah.addActionListener(this);
kurang.addActionListener(this);
kali.addActionListener(this);
bagi.addActionListener(this);
panel.add(label1);
panel.add(label2);
panel.add(label3);
panel.add(label4);
panel.add(n1);
panel.add(n2);
panel.add(tambah);
panel.add(kurang);
panel.add(kali);
panel.add(bagi);
getContentPane().add(panel);
setVisible(true);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e){
double a=Double.parseDouble(n1.getText());
double b=Double.parseDouble(n2.getText());
if(e.getSource()==tambah)
{
z=a+b;
label4.setText(""+z);
}
else if(e.getSource()==kurang)
{
z=a-b;
label4.setText(""+z);
}
else if(e.getSource()==kali)
{
z=a*b;
label4.setText(""+z);
}
else if(e.getSource()==bagi)
{
z=a/b;
label4.setText(""+z);
}
}
public static void main(String[]args){
kal menu=new kal();
menu.setVisible(true);
menu.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
Logika Program
Pada barisan apertama anda melihat package pbo; yang merupakan hanya sebuah nama paket untuk program kalkulator itu sendiri.Selanjunya pada baris berikutya import java.awt.*; yang berisi kelas-kelas untuk membuat komponen GUI., untuk import javax.swing.*; adalah komponen yang menyedian komponen GUI, serta import java.awt.event adalah berisi kelas dan interface yang berfungsi untuk menghandle event pada GUI.Untuk public class kal itu sendiri merupakan nama kelas dan dipadu dengan extends JFrame implements ActionListener yang merupakan kita bergerak dengan mengaplikasikan Jframe.
Setelah itu pada langkah selanjutnya kita memperhatikan Jlabel yang berfungsi untuk membuat label, JtextField untuk memuat kotak input/output.Jbutton adalah untuk membuat tombol, sedangkan Jpanel itu sendiri adalah membuat panel atau panel sebagai dasar dari penempatan Jlabel,JtextField maupun Jbutton.
Langkah berikutnya adalah kita membuat public kal() yang merupakan sama hanya pada pemograman lain yang berfungsi sebagai function yang akan dipanggil paa saat program dijalankan.
· setSize untuk memberikan ukuran pada panel denan format panjang dan lebar.
· setTitle adalah untuk memberikan nama kotak dialog pada panel.
· setLocationRelative adalah untuk mengatur lokasi panel yag fleksibel.
· Panel.setLayout adalah untuk membuat panel sebagai layout ataupun background dari output program nantinya.
· setBounds adalah untuk mengatur letak dari sebuah objek dengan format x,y dari luar objek dan x,y dari objek itu sendiri.
· addActionListener adalah untuk memberi aksi pada sebuah objek.
· Panel.add adalah untuk menempelkan objek pada panel.
Pada baris program selanjunya kita menggunakan getContentPane().add(panel); yang artinya adalah mendapatkan konten dan menambahkan panel pada konten.Sedangakan setVisible(true) adalah untuk memberikan akses pada program.
Selanjutnya adalah public void actionPerformed(ActionEvent e) yang merupakan untuk memberi aksi terhada event pada GUI.Setelah itu kita perlu mendeklarasikan dua buah variabel sebagai variabel masukan nantinya pada textfield yaitu dengan double.
if(e.getSource()==tambah)
{
z=a+b;
label4.setText(""+z);
Kodingan diatas merupakan untuk sebuah percabangan dimana artinya adalah jika kita memasukkan inputan untuk a dan b dan kita klik tombol tambah maka akan dilakukan statement menjumlahkan kedua inputan dan disimpan pada variabel z, setelah itu dicetak pada label4.Untuk percabangan berikutnya sama halnya dengan diatas.
Berikutnya adalah kita memberikan method pada program untuk menjalankan dengan menggunakan public static void main(String[]args);.Setelah itu kita panggil function kal tadi dengan kal menu=new kal();, disini menu hanyalah sebagai variabel pembatu saja.Dan yang terakhir adalah menu.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); yang artinya adalah memberi aksi default jika kita klik tombol close.
Output Program
Gambar 1.Tampilan awal
Gambar 2.Operasi Penjumlahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar