Selasa, 22 Januari 2013

Windows 7 VS Windows 8

Belakangan ini kita dihadirkan sosok system operasi yang baru yang merupakan keluaran dari Microsoft. Windows hingga saat ini merupakan system operasi pada computer yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kemampuan dan kebutuhan setiap konsumen yang dapat dipenuhi dengan system operasi ini, para konsumen diberikan berbagai kemudahan, baik dari segi kinerja, fitur ddan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan. Pada tulisan ini kami dari kelompok 1 menjelaskan perbedaan yang ada pada kedua system opeasi ini, baik dari segi visual, kinerja maupun kompetibelnya aplikasi-aplikasi pada kedua system opeasi ini.

A.   Perbedaan dari segi Visual/ Tampilan
Bila dilihat dari segi visual, bisa dikatakan keduanya memilik keunikan masing-masing. Bahkan memberikan fitur hamper sama sebab berasal dari keluaran pabrik yang sama. Berikut ini beberapa perbedaan yang cukup mencolok bila dilihat dari segi visual.

1.      Fitur Touch Screen
Perbedaan yang sangat mencolok antara windows 7 dan windows 8 adalah fitur touch screen. Sebenarnya duluwindows 7 pernah menerapkan fitur yang sama tetapi belum bias bekerja sejara maksimal, dan pada windows 8 fitur touch screen semakin dipertajam dan dimaksimalkan sehingga tampilannya lebih baru. Fitur touch screen ini tentunya harus didukung dengan hardware seperti monitor yang menerapkan fitur touch screen atau dapat menggunakan trackpad buatan microsoft.

2.  Tombol Start
Berbeda dengan windows 7 yang tombol startnya selalu terlihat, tetapi pada windows 8 memiliki tombol start yang disembunyikan di pojok kiri bawah. Untuk melihat atau menggunakannya kita sorot pointer ke posisi kiri bawah. Fitur ini irip dengan home pada windows phone dan hanya muncul ketika kursor berada di pojok kiri bawah.


3. Fitur Multi Monitor yang lebih baik
      Menggunakan lebih dari satu monitor memerlukan manajemen desktop yang baik. Pada windows 8 membuka  2 layar yang berbeda dapat dilakukan di windows 8 dan tidak memelukan memori yang cukup besar yang bias menyebabkan kinerja computer berkurang. Fitur yang seperti ini tidak dimiliki oleh windows 7, pada windows 7, menampilkan 2 layar yang berbeda membutuhkan memori yang besar sehingga membuat kinerja computer melambat.

4.  Fitur Charm
Pada windows 7 fitur ini ini tidak ada, sehingga untuk mengakses fitur seperti setting, device, share dan search dilakukan secara manual atau diketikkan pada menu start yang ada di sebelak kiri bawah sedangkan pada windows 8 sudah diberikan, sehingga pengguna dimudahkan untuk mengakses menu atau keperluan yang sering kita gunakan dengan cepat.

5. Search dan Social Windows 8
Selain fitur charm, menu search juga terdapat pada windows 8, jika pada windows 7 menu search diberikan bila kita mengklik menu start maka berbeda dengan windows 8 yang secara otomati bias dilakukan dari layar utama. Selain itu juga fitur social lebih keliahat di windows 8. Social media akan otomatis tersikronisasi dengan computer jika aplikasi tersebut sudah terinstall dan bahkan pemberitahuan sekalipun akan diterima secara realtime bila terkoneksi dengan internet.

6.   Windows 8 memiliki device ARM
Jika pada sebelumnya Windows hanya mendukung PC desktop dengan prosesor AMD dan Intel yang x86-based, namun untuk sekarang ini Windows 8 juga bisa digunakan pada beberapa device yang menggunakan ARM. Dalam hal ini dilakukan hanya untuk bisa bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun, hanya Windows 8 jenis RT (Run Time) saja yang memiliki device ARM ini.

7. Fitur Cloud Computing

Fitur Cloud Windows 8 ini juga merupakan fitur terbaru dari windows 8 karena pengguna dapat mudah menyimpan data, gambar, foto, dan lain sebagainya ke sistem cloud windows secara online, karena fitur ini telah tersingkronisasi dengan aplikasi skydrive. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat mudah membackup data pengguna sesuai dengan keinginan, dan jika suatu saat pengguna mau mengambilnya kembali pengguna dapat dengan mudah mendownload nya.

8.   Menyalin, mengubah, menghapus mapun memindahkan file

Dalam proses ini, jendela menjadi disatukan dengan tampilan yang lebih menarik, berbeda dengan windows 7 yang membuat jendela baru untuk melakukan proses menghapus atau mengirim file.

9.  Task Manager
     Task Manager pada windows 8 lebih simple dan lengkap dibandingkan dengan windows 7. Tampilan detail dari memory yang dimiliki higga kecepatan dan penggunaan dari masing-masing perangkat dapat dilihat disana.


Untuk penjelasan lebih lanjut bisa anda unduh file PDF disini






Tidak ada komentar: