Kamis, 01 Maret 2012

INTERNET DAN WEB

           Mendengar kata internet dan web bukan kata yang asing lagi di telinga kit, yang menjadi terasa asing mungkin di pikiran kita adalah apa itu internet dan web itu sendiri, dan bagaimana sejarah internet dan web sehingga bisa seperti sekarang ini.
Pada postingan kali ini saya akan membahas internet dan web dari segi sejarahnya secara singkat dan wacana umumnya.

Internet

Internet (Interconnection Networking) adalah sistem global yang asaling terhubung menggunakan standard internet protocol suite(TCP/IP) yang melayani miliaran pengguna di dunia ini.
    Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat melaluiproyek ARPA yang disebut dengan ARPANET(Advaced Research Project Agency Network) dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software yang berbasis UNIX dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan saluran telepon dengan jarak tak terhingga.Dari situ ARPANET merancang jaringan, kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan dari sana mereka menentukan yang menjadi cikal bakal untuk protokol yang baru yang biasa kita sebut dengan (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).Tujuan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat(US Departement of Defence) membuat proyek ini adalah untuk menjangkau daerah vital tertentu untuk mengatasi jika terjadi serangan nuklir, dan menghidari informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan.
    Pada awalnya ARPANET menghubungkan 4 perguruan tinggi yaitu, Stanford Research Institude, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.Mereka membuat sebuah jaringan terpadu pada tahun 1969, d an secara umum diperkenalkan pada Oktober 1972.Pada saat itu perkembangannya cukup pesat di negara itu dan universitas yang lain ingin bergambung dan ARPANET menjadi kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dibagi menjadi 2 bagian yaitu “MILNET” untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk non-militer, seperti universitas-universitas.Gabungan tersebut kemudian dikenal dengan “DARPA Internet” yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Setelah internet berkembang, tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
    Karena semakin banyak komputer yang terhubung dengan internet maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui semua jaringan.Pada tahun 1982 dibentuklah TCP (Transmission Control Protocol)  atau IP (Internet Protocol).Pembentukan TCP/IP sendiri bukan tidak mempunyai tandingan, di negara Eropa sendiri seperti Inggris, Denmark, Swedia dan Belanda menyediakan Eunet yang melayani jaringan komputer dan menyediakan jasa E-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan jaringan komputer yang ada maka pada tahun 1984 diperkenalkan sebuah domain yang kita kenal dengan DNS (Domain Network System).
Setelah cukup lama menanti perkembangan dari jaringan internet itu sendiri maka pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.Perkembangan yang mengesankan berikutnya adalah pada tahun 1994 yahoo bersiri sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Internet Pada Saat Ini
Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.


WEB

Mendengar kata WEB mungkin telinga kita tidaklah asing lagi.Paada saat ini ribuan bahkan jutaan web telah banyak digunakan oleh kalangan public, perusahaan dan pemerintahan.WEB itu sendiri ditemukan oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, dan situs web tersambung dengan jaringan pertama kali pada tahun 1991.Tujuan awal dari pembuatan web itu sendiri adalah untuk memudahkan tukar-menukar dan memperbaharui informasi sesama peneliti di tempat mereka bekerja.Selanjutnya pada tanggal 30 April 1993, CERN sebagai tempat tim bekerja mengumumkan bahwa WWW telah dapat digunakan oleh public secara gratis.
    Fungsi dari web pada saat ini tidak jauh berbeda dengan tujuan awal pembuatan web itu sendiri, yaitu untuk bertukar informasi, memperbaharui informasi dan lain sebagainya.Pada saat ini, dengan situs web kita mendapat berbagai kemudahan seperti melihat pengumuman dari intitusi sekolah, memberikan penawaran barang (advertising),pemerintahan maupun jaringan organisasi lainnya.
    Pada umumnya sebuah situs web ditempatkan pada server web.Server web itu sendiri dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak khusus yang berfungsi untuk mengatur nama ranah, serta menangani layanan atas protocol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang disebut sebagai server HTTP seperti Apache HTTP server atau Internet Information Services (IIS).
    Pada saat ini ada 2 jenis situs web yaitu web statis dan web dinamis.
1.Situs WEB Statis
    Situs web statis adalah suatu situs yang dimaksudkan situs ini tidak diperbaharui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pembaharuan situs ini dilakukan secara manual.Dalam situs WEB statis ada 3 jenis yang dapat digunakan untuk pengaturan situs web ini yaitu sebagai berikut.
•    Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
•    Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
•    Editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.
2.Situs WEB Dinamis
    Situs web dinamis ini merupakan situs web yang secara spesifik didisain untuk dapat diperbaharui secara berkala dengan mudah.Contoh dari situs web dinamis ini adalah situs berita seperti okezone.com, kompas.com, detik.com dan lain sebagainya.
Berbeda dengan web statis, web dinamis ini membutuhkan keberadaan infrastruktur yang kompleks, hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pegguna yang mengaksesnya, berbeda dengan web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengasesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dahulu.
Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.
Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.
 
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

 

Tidak ada komentar: