Jumat, 23 Maret 2012

Tukang Update

         Melihat judul artikel ini mungkin anda sedikit tertawa karena pada saat anda baca artikel ini anda mendapati satu profesi baru yaitu tukang update. Yang saya paparkan disini bukanlah yang memandang fisik tetapi dari segi sifat. Mungkin anda sedikit penasaran sebenarnya yang dimaksud dengan tukang update itu apa? Tukang update disini adalah untuk orang-orang yang tiada hentinya mengupdate status mereka di jejaring sosial, baik itu facebook, twitter, BBM dan lain sebagainya.
            Mendengar  jejaring sosial seperti twitter, facebook dan BBM (Blackberry Messanger)  tidaklah asing lagi di telinga  kita. Untuk jejaring ini merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan oleh kalangan semua usia, baik itu mulai dari anak-anak hingga orangtua sekalipun. Di kalangan anak muda sekarang bukan gaul namanya kalau tidak memiliki akun jejaring sosial ini. Banyak orang yang selalu update status di jejaring sosial ini tanpa ada rasa bosannya karena dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti lingkungan sosial masyarakat, dan gaya hidup yang semakin canggih dan praktis pada saat ini. Dengan mengupdate status di salah satu akun jejaring sosial sepertinya beban sedikit berkurang. Bukan hanya narkoba saja yang bisa membuat seseorang kecanduan, tetapi juga jejaring sosial semacam ini yang bisa menghipnotis semua kalangan.

Di jejaring sosial ini banyak berbagai jenis yang disampaikan oleh para updater, ada status yang berisikan keluhan, mulai dari macet ketika di jalan, lalu panas, kelaparan, tidak enak badan, atau kalimat yang menunjukkan kecurigaan seperti  "Aduh macet", "Sakit perut", "Aduh, tidak enak badan", "Wah, dia telah berubah", “Dia cantik ....” dan lain sebagainya.
Coba kita cermati, ada orang yang selalu menulis semua statusnya berisikan keluhan. Dalam satu hari tak ada satupun status BBM, facebook atau twitter yang berisikan rasa bersyukur, selalu mengeluh dan seolah-olah hidup selalu penuh penderitaan.
Mencermati dari kegiatan atau status yang di tulis pada akunnya dalam satu hari saja sudah bisa kita nilai bagaimana sifat orang semacam ini, karena apapun yang ia rasakan langsung dipampang di dingding akunnya. Keluhan demi keluhan di tiap jam, apalagi kalau pasangannya dicurigai selingkuh, wah statusnya paling seru. Orang jenis ini boleh dikatakan sebagai manusia tukang ngeluh.
Tetapi tak kala ada juga yang mencermati updates status yang menunjukkan orang tersebut memiliki sifat sombong, misalnya mendapat nilai bagus, habis liburan dari luar negeri, pamer mobil BMW di profil picture, atau sepeda yang harganya puluhan juta.
Namun ada pula orang yang selalu mengganti status dengan kalimat bernuansa rasa syukur atau memotivasi, seperti :
“Hidup kita akan meningkat bila kita mengambil kesempatan-kesempatan, dan resiko pertama dan paling sulit yang dapat kita ambil adalah jujur dengan diri kita sendiri”
Walter Anderson
“Kehidupan tanpa sahabat seperti kematian tanpa saksi”
Pepatah spanyol
Kalimat-kalimat di status seperti ini yang sering membuat orang yang baca status BB, twitter atau facebook di recent update , atau baca status update jejaring sosial terinspirasi untuk melakukan hal serupa. Awalnya putus asa karena merasa memiliki beban berat jadi tergugah atau tergerak untuk berupaya lebih baik, dan tak kenal menyerah. Orang yang update status semacam ini boleh dikatakan sebagai motivator tak langsung kepada pembaca.
Ada pula status yang  unik, puitis, lucu  kadang membuat kalimat romantis, kalimat-kalimat yang disampaikan membuat orang lain tersenyum  atau tertawa.Kalimat-kalimat yang diupdatepun cukup simpel supaya pembaca tidak jenuh membacanya.Adapun kalimat-kalimat yang dituliskan seperti :
“-Lebih baik diam dan keliatan bego daripada ngomong dan begonya keluar”
“-Lebih baik telat daripada telat banget”
“-Saya berhasil menyelesaikan puzzle hanya dalam waktu 6 bulan! Padahal di kotak tertulis untuk 5 - 8 tahun!!!!”
Biasanya orang jenis ini humoris dan menyenangkan untuk diajak berteman.
Tetapi lain halnya dengan orang yang satu ini yaitu orang yang tak pernah mengganti foto profil mereka dan tak pernah mengganti status selama beberapa waktu. Orang seperti ini diindikasi dua hal, yang  pertama orang yang sangat sibuk dan misterius karena tak ingin dikenali pribadinya,  indikasi kedua bisa orang ini merupakan buronan polisi atau orangnya pemalu.
            Tetapi ada juga orang yang memiliki akun jejaring sosial tetapi malah tidak memamfaatkannya, dalam hal ini hanya ingin memiliki akun jejaring sosial saja sebagai gambaran dari pergaulan pada jaman sekarang ini.Orang seperti ini sepertinya tidak peduli dengan kondisi dari akunnya di dunia maya, yang menjadi terpenting adalah dia salah satu orang yang memiliki akun jejaring sosial tanpa tahu menahu arti daripada jejaring sosial tersebut dan terlalu menutup diri dari sosialisasi di dunia maya.  
            Banyak orang yang berpikir bahwa update status di dunia maya bisa membantu mereka. Jika diberikan poin-poin yang biasanya alasan seseorang update status adalah sebagai berikut.
1.             Dia lagi banyak pulsa, atau habis isi pulsa modemnya.
2.             Dia baru bikin Facebook pertama kali.
3.             Dia pengen eksis dengan update status tersebut.
4.             Dia sedang dapet rejeki. Biasanya orang yang lagi senang langsung update status tanpa ia sadari.
5.             Dia sedang falling in love, secara tidak sadar dia selalu mengutarakan terhadap yang ia rasakan.
6.             Dia sedang Broken Heart, alias Patah hati. Dia tidak tau dengan siapa ia curhat. Dan facebook lah teman curhatnya.
7.             Dia anak yang 4l4y. 53h1n99a k4l0 nul1s j4d1 4l4y b3g1ni,,, h3h3h3h3
8.             Facebook nya dia di hack. Banyak kasus yang terjadi ketika seseorang mengehack FB, dy update status sesenanganya hacker.
9.             Dia ingin menembak seseorang.
10.         Dia ingin memanggil seseorang, jikalau si orang tersebut dipanggil tidak kedengaran. orang tersebut dipanggil dengan cara menge-tag nama orang tersebut di statusnya.
11.         Dengan update status, ia mengharapkan sesuatu. Dalam hal ini, si updater pengen si pembaca mengetahui perasaannya saat itu.
12.         Si updater pengen mempromosikan sesuatu. Misalnya saja dengan update sebuah link blog pribadi, page, twitternya dan lain-lain.
13.         Si updater ingin memberikan voting pertanyaan, dengan mengharap pembaca meng-coment statusnya dan memvotingnya.
14.         Si updater pengen PAMER.. dengan update status via BB, via kaskus, via mobilephone, hingga update status via HP tercanggih saat ini.
15.         Si dia ingin memberikan pepatah – pepatah kepada pembacanya. Kebanyakan mereka update status menggunakan kata2 mutiara yang sesuai dengan pengalaman dia.
16.         Si dia pengen ngata-ngatain seseorang di FB. Sesungguhnya perbuatan ini tidak baik.
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari tulisan ini adalah  hati-hati dalam mengganti status, apakah anda akan dicap sebagai orang yang tidak dewasa karena banyak mengeluh, penuh kecurigaan dan tak pernah memiliki rasa syukur, atau sebaliknya selalu memberikan motivasi dan menginspirasi orang lain untuk maju dan lebih baik atau bahkan membuat orang lain tersenyum.

Tidak ada komentar: